4 Tutorial Mengatasi Duplicate Konten

Tutorial Mengatasi Duplicate Konten portal SEO Online

Apa itu duplicate konten dan mengapa menjadi perhatian bagi situs web Anda? Bagaimana Anda dapat menemukannya dan memperbaikinya? Nah, ini adalah masalah yang cukup umum, dan seringkali agak membingungkan. Apa itu? Bagaimana cara menentukannya? Mengapa halaman tertentu di situs saya ditandai sebagai duplikat satu sama lain? Dan yang terpenting, bagaimana cara mengatasinya jika saya menemukan bahwa ini adalah sesuatu yang ingin saya tangani di situs saya?

Duplicate Konten/Konten Duplikat : Praktik Terbaik SEO untuk Menghindarinya

Duplicate Konten didefinisikan sebagai konten yang merupakan salinan persis dari konten yang ditemukan di tempat lain. Namun, istilah konten duplikat juga dapat merujuk pada konten yang hampir identik (seperti hanya menukar produk, nama merek, atau nama lokasi saja). Menukar beberapa kata saja belum tentu menyelamatkan halaman dari dianggap sebagai konten duplikat. Sebagai tanggapan, kinerja penelusuran organik Anda dapat melihat efek negatif. Duplicate Konten juga mengacu pada konten yang sama di beberapa halaman web di situs Anda atau di dua atau lebih situs terpisah. Namun, ada banyak metode untuk mencegah atau meminimalkan dampak konten duplikat yang dapat ditangani dengan perbaikan teknis. Dalam panduan ini, saya akan melihat lebih dalam tentang penyebab duplicate konten, cara terbaik untuk menghindarinya, dan cara memastikan pesaing tidak dapat menyalin konten Anda dan mengklaim bahwa merekalah pembuat konten aslinya.
  • Dampak Duplicate Konten
  • Metode untuk Mencegah Konten Duplikat
  • Bagaimana Jika Konten Saya Telah Disalin Melawan Keinginan Saya?
  • Review Duplicate Konten

Dampak Duplicate Konten

Dampak Duplicate Konten Portal SEO Online Halaman yang dibuat dengan konten duplikat dapat mengakibatkan beberapa konsekuensi di hasil Google Penelusuran dan, terkadang, bahkan terkena penalti. Masalah konten duplikat yang paling umum meliputi:
  • Versi halaman yang salah ditampilkan di SERP
  • Halaman utama tiba-tiba tidak berkinerja baik di SERP atau mengalami masalah pengindeksan
  • Fluktuasi atau penurunan dalam metrik situs inti (lalu lintas, posisi peringkat, atau kriteria E-A-T)
  • Tindakan tak terduga lainnya oleh mesin telusur sebagai akibat dari sinyal prioritas yang membingungkan
Meskipun tidak ada yang yakin elemen konten mana yang akan diprioritaskan dan dikurangi prioritasnya oleh Google, raksasa mesin telusur tersebut selalu menyarankan webmaster dan pembuat konten untuk 'membuat laman terutama untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.' Dengan pemikiran ini, titik awal bagi setiap webmaster atau SEO harus membuat konten unik yang memberikan nilai unik bagi pengguna. Namun, ini tidak selalu mudah atau bahkan memungkinkan. Faktor-faktor seperti membuat template konten, fungsionalitas pencarian, tag UTM, berbagi informasi, atau konten sindikasi dapat penuh dengan risiko duplikasi. Memastikan bahwa situs Anda sendiri tidak menjalankan risiko duplicate konten memerlukan kombinasi arsitektur yang jelas, pemeliharaan rutin, dan pemahaman teknis untuk mengatasi sebanyak mungkin pembuatan konten duplikat.

Apa itu Duplicate Konten?

Jadi pertama-tama, apa itu duplikat konten? Pada dasarnya, duplikat konten adalah konten yang muncul di lebih dari satu tempat di Internet. Tapi ini mungkin tidak sekering kelihatannya. Konten yang terlalu mirip, meskipun tidak identik, dapat dianggap duplikat satu sama lain. Saat memikirkan tentang konten duplikat, penting untuk diingat bahwa ini bukan hanya tentang apa yang dilihat pengunjung manusia saat mereka membuka situs Anda dan membandingkan dua halaman. Ini juga tentang apa yang dilihat mesin telusur dan crawler saat mereka mengakses halaman tersebut. Karena mereka tidak dapat melihat halaman yang dirender, mereka biasanya keluar dari kode sumber halaman, dan jika kode tersebut terlalu mirip, crawler mungkin berpikir bahwa ia melihat dua versi halaman yang sama. Kebingungan antara bagian-bagian konten ini dapat menyebabkan hal-hal seperti masalah peringkat, karena mesin pencari mungkin tidak dapat menemukan halaman mana yang harus mereka ranking atau mereka mungkin memberi peringkat pada halaman yang salah.

Metode Mencegah Duplicate Konten

Metode Mencegah Duplicate Konten Portal SEO Online Ada banyak metode dan strategi berbeda untuk mencegah pembuatan konten duplikat di situs Anda sendiri dan untuk mencegah situs lain mendapatkan keuntungan dari penyalinan konten Anda:
  1. Taksonomi
  2. Tag Kanonis
  3. Penandaan Meta
  4. Penanganan Parameter
  5. URL duplikat
  6. Pengalihan

Taksonomi

Sebagai titik awal, sebaiknya Anda melihat secara umum taksonomi situs Anda. Apakah Anda memiliki dokumen baru, yang sudah ada, atau yang direvisi, memetakan halaman dari penjelajahan dan menetapkan H1 yang unik dan kata kunci fokus adalah awal yang baik. Mengatur konten Anda dalam kelompok topik dapat membantu Anda mengembangkan strategi bijaksana yang membatasi duplikasi.

Tag Kanonis

Mungkin elemen terpenting dalam memerangi duplikasi konten di situs Anda sendiri atau di beberapa situs adalah Tag Kanonis. Elemen rel = canonical adalah cuplikan kode HTML yang menjelaskan kepada Google bahwa penerbit memiliki sebagian konten meskipun konten tersebut dapat ditemukan di tempat lain. Tag ini menunjukkan kepada Google versi halaman mana yang merupakan 'versi utama'. Tag kanonis dapat digunakan untuk konten versi cetak vs. web, versi halaman seluler dan desktop, atau beberapa halaman penargetan lokasi. Ini dapat digunakan untuk contoh lain di mana ada halaman duplikat yang berasal dari halaman versi utama juga. Ada dua jenis tag kanonis, yang mengarah ke halaman dan yang mengarah ke luar halaman. Semua yang mengarah ke halaman lain memberi tahu mesin telusur bahwa versi lain dari halaman tersebut adalah 'versi master'. Yang lainnya adalah mereka yang mengenali diri mereka sendiri sebagai versi master, juga dikenal sebagai tag kanonik referensi sendiri. Merujuk pada kanonikal adalah bagian penting dari mengenali dan menghilangkan konten duplikat, dan merujuk diri kanonikal adalah masalah praktik yang baik.  

Solusi Duplicate Konten

Jadi sekarang setelah kita membahas secara singkat apa itu duplicate konten, apa yang harus kita lakukan? Ada beberapa cara berbeda untuk menyelesaikan duplicate konten.  

Cuplikan Video Google Search Central tentang Duplicate Konten

Demikiian artikel tentang Tutorial Mengatasi Duplicate Konten - Portal SEO Online : Forum Portal Tips Tutorial SEO Online Terlengkap dan Terupdate

source https://portalseo.online/konten/4-tutorial-mengatasi-duplicate-konten/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Long Tail Keyword! Tips Tutorial 2021?

Riset Kata Kunci SEO Dasar 2021

Panduan Pemula Google Bisnis 2021